Keunikan Rasa Dan Khasiat Teh Bunga Telang Khas Archipelago Tea House Taman Aster, Cikarang Barat

By

BEKASISOCIETY.com – Bunga Telang yang memiliki nama latin Clitoria ternatea berbentuk serupa klitoris dengan warna biru keunguan selayaknya warna 2018 versi Pantome. Ternyata bunga telang memilik rasa yang menyegarkan bila diolah menjadi minuman serta kaya akan khasiat.

Di Indonesia dan Malaysia minuman dari bunga Telang disebut teh bunga Telang, sedangkan di Thailand minuman yang khas berwarna biru tersebut di beri nama Nam Dok Anchan.

Ketiga negara di Asia Tenggara tersebut mengenal teh bunga telang sebagai minuman herbal. Ya, tanaman rambat yang kerap tumbuh liar ini diyakini dapat membantu menjaga kesehatan.

Seduhan bunga telang dipercaya dapat membersihkan darah dan meningkatkan kesuburan perempuan. Pun demikian, meski belum ada pembuktiannya secara penelitian ilmiah.

Air rendaman bunga yang punya bentuk daun bulat panjang dan tumpul ini juga digunakan sebagai obat tetes untuk menjaga kejernihan mata. Bukan hanya itu, jika kelopaknya ditumbuk dengan gula jawa bisa digunakan untuk mengobati bisul.

Sebagai minuman, ada yang menyeduh petikan bunganya dengan air panas, ada pula yang mengeringkannya terlebih dahulu. Cukup memilih dua sampai tiga kuntum, seduh dengan air panas, diamkan selama 10 menit.

Soal rasa, teh bunga dengan lebar sekitar tiga sentimeter ini tidak jauh berbeda dengan rasa teh hijau ala Jepang. Ringan, cenderung manis, dan beraroma bunga kuat. Biasanya orang menambahkan madu atau gula dan lemon untuk memperkaya rasa.

Selain rasa, warna juga jadi salah satu alasan sebagian orang menggemari racikan teh bunga Telang. Pasalnya, warnanya yang biru terang bisa berubah sesuai campuran yang digunakan.

Misal, saat dicampur perasan air lemon yang kekuningan biru pun larut bersamanya dan berubah jadi keunguan. Anda juga dapat bereksperimen dengan campuran berwarna lain untuk mendapatkan hasil beragam.

BACA JUGA :  Masa PSBB Nekat Gelar Balap Liar di Cikarang Selatan, 10 Motor Berikut Pemiliknya Diangkut Polisi

Anda bisa mendapatkan racikan teh bunga Telang di berbagai tempat.

Salah satunya di Archipelago Tea House yang beralamat di Perumahan Taman Aster Blok A3 No.3 Telaga Asih Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten bekasi

“Teh bunga telang ini bisa mengobati sakit tenggorokan dan panas dalam. Apalagi ada tambahan sereh dan lemon yang bisa mengurangi gejala flu dan juga bisa menghangatkan badan. Warnanya cantik dan lagi rasanya enak,” jelas Mei Linda Yani Founder dari Archipelago Tea House, Jum’at (12/6/2020).

Tak heran, jika teh bunga Telang juga populer sebagai minuman kesehatan di barat, salah satunya di Inggris. Di negeri Ratu Elizabeth ini, teh biru sedang naik daun dan punya julukan magical tea.

“Kafe Yumchaa di London, melabeli teh biru ini sebagai teh paling laris dalam satu dekade terakhir. Dalam waktu beberapa pekan saja, menu ini ludes” pungkas Linda. (Ejs/Red).

You may also like