Proggram Pasimas Bantu Warga Desa Karang Sambung Peroleh Air Bersih

By
Share this...

Bekasisociety.com – Berkat program Pamsimas (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat), warga Desa Karang Sambung Kecamatan Kedung Waringin kini sudah bisa menikmati air bersih, Sabtu (01/20).

Sebelumnya warga desa itu kesulitan mendapatkan air bersih. Saat ini sedikitnya ada 300 KK yang akan mendapatkan pelayanan air bersih hingga menjangkau rumah mereka.

Kepala Desa Karang Sambung, Tri Rulli Lesmana mengungkapkan program Pamsimas di Desa Karang Sambung menggunakan sumur Bor tepatnya di Dusun (3) , Air sumur dipompa ke menara bak penampung kemudian didistribusikan kepada masyarakat menggunakan pipa dengan total panjang kurang lebih 1.000 meter dan bisa menjangkau di tiga dusun dengan kuota 300 KK.

Menurut Syahril Mubarok, sarana yang telah dibangun itu selanjutnya dikelola dan dipelihara oleh masyarakat sendiri dengan membentuk KP SPAMS (Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi).

Selain air bersih, tambahnya, itu dikenakan tarif yang berdasarkan hasil musyawarah Warga,”tujuan tarif adalah untuk pengelolaan pembangunan sarana, perawatan, dan sosial,”tandas Syahril Sekretaris Pengelola KP SPAMS.

Tri Rulli Lesmana, kehadiran program PAMSIMAS di Desa Karang Sambung ini bisa memberikan dampak positif terhadap masyarakat Desa Karang Sambung dengan harapan melalui proses berjalannya program ini, mampu meningkatkan perilaku hidup yang bersih dan sehat. (Red).

Sementara ini sekitar seratus KK yang telah tersambung dan sisa kuota sekitar 200 KK, untuk itu KP SPAMS terus mempromosikan ini kepada masyarakat agar mencapai batas ideal kuota 300 KK. (Red).

You may also like