Rentan Kebocoran Data : BSSN Imbau Penggunaan Video Conference, Yuk Simak!

By

BEKASISOCIETY.com -Video conference menjadi salah satu media komunikasi pilihan dalam menunjang pelaksanaan teleworking selama pandemi Covid-19 berlangsung.

Berdasarkan laporan dan informasi yang BEKASISOCIETY.com himpun, beberapa celah kerawanan pada beberapa aplikasi video conference dapat mengancam keamanan data, baik data pribadi maupun data organisasi.

Mengingat dan memperhatikan substansi yang disampaikan dalam suatu rapat yang dilaksanakan melalui video conference, BSSN (Badan Siber Dan Sandi Negara) menerbitkan panduan keamanan pemanfaatan video conference agar keamanan data selama telekonferensi berlangsung tetap terjamin keamanannya, Jum’at (10/04/2020), melalui akun Instagram resminya.

Panduan ini berisi langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh stakeholder sektor Infrastruktur Kritis Nasional dalam menyelenggarakan pertemuan jarak jauh menggunakan sarana video conference dengan tetap memperhatikan keamanan informasi.

1. Prioritaskan keamanan jaringan.
End point dan platform video conference sering membutuhkan Session Boarder Controller (SBC) untuk mengatur traffic, termasuk mencari dan memblok koneksi mencurigakan.

2. Pentingnya menggunakan enkripsi.
Bersama dengan kemanan jaringan, enkripsi merupakan hal yang mutlak bagi video conference.

3. Lindungi diri dengan “Permission”.
Tidak semua kebocoran data terjadi karena hacker yang masuk kedalam sistem. Masalah keamanan dapat terjadi jika ada orang yang tidak berkepentingan dengan secara tidak sengaja diberi akses komunikasi yang seharusnya tidak dilihat misalnya karena tidak mendapatkan pengaturan yang benar.

4. Buat dan patuhi kebijakan untuk video conference.
Jaringan yang aman dan enkripsi tidak akan berdampak besar pada keamanan video conference jika SDM yang menggunakan tidak memahami budaya keamanan. Kesalahan manusia (human error) merupakan penyebab terbesar terjadinya kebocoran data.

Hal-hal yang dimuat dalam pedoman adalah: Penyiapan sarana video conference, Informasi yang dapat disampaikan, Pengamanan video conference dan Best practice video conference yang efektif (tips sebelum memulai dan selama pertemuan).

BACA JUGA :  Setelah Personil Bhabinkamtibmas, Kini Giliran Puluhan Personil Lantas dan Intelkam Polres Metro Bekasi Jalani Rapid Test

Dapatkan informasi lengkap mengenai imbauan keamanan pemanfaatan aplikasi video conference terkait pencegahan penyusup dan perlindungan data pada rapat virtual di sektor infrastruktur kritis nasional dalam dokumen yang dapat diunduh melalui tautan di bawah ini.

https://bssn.go.id/imbauan-keamanan-pemanfaatan-aplikasi-video-conference/

You may also like