Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Untuk Kesejahteraan Masyarakat

By
Share this...

bekasisociety.com – Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bekasi mendukung Program terpadu peningkatan peran wanita menuju keluarga sehat sejahtera (P2WKSS) Desa bojongmangu, Jum’at (07/08/2020).

Hj. Tety Juniati, S.Pd, M.MPd (Kasi bidang perpustakaan) mengatakan Perpustakaan berbasis inklusi sosial adaah program penguatan literasi untuk kesejahteraan masyarakat.

“Pemustaka/masyarakat yang mulai gemar membaca koleksi buku di perpustakaan mendapatkan manfaat untuk menambah pengetahuan dan juga meningkatkan kualitas hidup, kemudian diberi pelatihan cara mempraktekan dari hasil membaca tersebut, sehinga pada akhirnya diharapkan bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan kesejahteraan masyakat kab.bekasi,”ujarnya, Jum’at (07/08).

Dalam program terpadu P2WKSS desa bojongmangu. Perpustakaan memberikan bantuan dan berkontribusi melaksanakan berbagai pelatihan mulai dari pelatihan pengelolaan buku layanan perpustakaan dan pelatihan keterampilan kebun gantung, keterampilan tersebut adalah pememfaatan sampah botol plastik sebagai media taman pokcoy.

Dalam pelatihan ini atun rodinatun yang akrab disapa ibu atun sebagai narasumber pelatihan, memberikan materi pelatihan diantaranya adalah proses pemamfaatan sampah botol plastik menjadi media tanam pokcoy dan pembuatan makanan sehat jus Smoothe pokcoy rasa alpukat juga pokcoy sistik dari hasil kebun gantung tersebut.

Kemudian dari ibu atun mengatakan,”Pelatihan ini diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat dari hasil kebun gantung,”tandasnya.

Antusias ibu-ibu sangat semangat praktek membuat makanan sehat, menanyakan beberapa resep makanan yang terbuat dari pokcoy tersebut.

Desa bojongmangu sebagai tempat program P2WKSS, kontribus program dari perpustakaan diharapakan meningkatkan literasi untuk kesejahteraan dan peningkatan peranan perempuan bisa lebih maju bukan hanya membudidayakan tetapi mereka bisa mengolahnya sehingga bisa meningkatkan perekonomian keluarga. (FR)

You may also like