Virus Corona! Graha Mattel Perum Graha Asri Cikarang Terapkan System Lockdown

By

BEKASISOCIETY.com – Terkait jumlah kasus positif Virus Corona atau Covid-19 melonjak di Indonesia tentunya di Provinsi Jawa Barat dan berdampak sangat pesat juga di Kabupaten Bekasi, Membuat warga masyarakat Perumahan Graha Asri Blok Graha Mattel, Kecamatan Cikarang Utara dibuat sangat Sigap oleh penyebaran Covid-19 ini guna untuk mengantisipasi penyebaran diwilayah RW 012 Khususnya dan Graha Asri umumnya.

Warga Perumahan Graha Asri khususnya di Blok Graha Mattel memutuskan untuk melakukan System Lockdown di lingkunganya.

Berdasarkan hasil rapat RT dan RW, Selasa (24/03/2020), Berawal dari dengan banyaknya laporan-laporan warga bahwa penyebaran Virus Corona ini sudah masuk diwilayah Graha Asri blok Lavender dan memang awalnya informasi itu dari wilayah blok tersebut.

Bahwa ada salah satu warga yang diduga terpapar Virus Corona (Covid-19) sepulang dia dari Australia.

Menurut informasi yang didapat, Warga tersebut memutuskan untuk melakukan Rapid Test di RS. Siloam untuk memeriksakan dirinya.

Dan ternyata hasilnya Negatif dan sekarang warga tersebut di rawat dirumahnya karena tidak ada buktinya bahwa dia diduga Positif Corona.

Menurut salah satu warga Graha Asri blok Mattel, Arif Siswandi, M.Kom mengatakan pada saat wawancara lewat Video Conference yang di gelar oleh BEKASISOCIETY.com,”Kami dilingkungan Graha Mattel pagi tadi berkumpul dan mensosialisasikan hasil rapat RW semalam dan masing-masing RT berkoordinasi dan pagi tadi kami lakukan briefing terkait tanggap Covid-19 ini,”katanya dalam Video Conference tersebut, Rabu (25/03/2020), pukul 20.00 WIB.

Source YouTube Bekasi Online Society : Video Conference

Video Conference yang gelar oleh BEKASISOCIETY.com ini dimoderatori oleh Ahmad Turmudi, S.Kom, M.Kom dan ikuti oleh Arif Siswandi, M.Kom dan dihadiri juga oleh Syahrul Gunawan yang tidak lain ialah Pimpinan Redaksi BEKASISOCIETY.com.

BACA JUGA :  Pelantikan Pengurus MWC NU Kec. Sukawangi, Kabupaten Bekasi Masa Khidmat 2018-2023

Rencananya warga blok Mattel Graha Asri akan melakukan lockdown kedatangan warga yang bukan warga Graha Mattel itu sendiri.

Tambah Arif,”Dengan tanggap Covid-19 berdasarkan intruksi dari RW melalui RT menyampaikan kepada warga untuk menyiapkan tenaga atau Satgas dan alhamdulilah sudah ada yang bersedia menjadi satgas dan tugas dari satgas ini adalah  menyampaikan informasi terkait adanya kedatangan orang yang memang bukan warga blok Graha Mattel,”tegasnya.

Satgas yang nantinya membantu memberikan informasi dan sosialisasi secara umum tentang Covid-19 juga membantu warga lainya terutama anak-anak untuk tidak berkeliaran bermain diluar rumah (stay at home) serta menginformasikan juga jika ada kedatangan tamu dari luar lingkungan Graha Mattel khususnya.

Warga blok Graha Mattel juga melakukan penyemprotan Desinfektan di lingkungan RT masing-masing termasuk dirumahnya masing-masing guna untuk mencegah penyebaran wabah Corona ini.

Dan hasil rapat itu mulai terapkan pada hari ini, Kamis (26/03/2020), Mulai dari pintu akses belakang Graha Mattel ditutup dan sampai pintu Ciherang raya di tutup, Pintu gerbang utama dibuka separuh dan di jaga 24 jam oleh Security, Anak-anak dilarang main dijalanan, Semua mobil jemputan pabrik dan Ojol berhenti di gerbang Security tidak boleh masuk ke blok Graha Mattel, warga yang pulang dari luar negeri wajib di cek datanya, pendatang atau tamu harus jaga kebersihan dan jaga jarak dengan tamu dan jika tidak penting tidak terima tamu, Posyandu di off kan, RT menyiapkan masker minimal 1 box untuk warganya yang habis berpergian dari luar kota atau luar daerah sampai ronda pun ditiadakan.

Awalnya Masjid Al Muhajirin yang berada dilingkungan Graha Asri tersebut hanya tinggal menunggu keputusan DKM untuk meniadakan sholat Jum’at.

BACA JUGA :  Polisi Perketat Wilayah Perbatasan Setu Dan Cileungsi

DKM Masjid Al Muhajirin juga mengeluarkan surat yang berisi 9 Himbauan untuk jama’ah Masjid tersebut.

Surat Edaran DKM Masjid Al-Muhajirin Graha Asri Cikarang

Dan informasi terbaru bahwa Masjid Al Muhajirin Graha Mattel tidak mengadakan Sholat Jum’ah di Masjid tersebut mulai, Jum’at (27/03/2020).

Kedisplinan Warga Masyarakat blok Graha Mattel Perumahan Graha Asri ini sangat antusias akan pencegahan penyebaran Covid-19 ini.

Kemudian moderator Ahmad Turmudi, S.Kom, M.Kom menanyakan soal kegiatan pasar pagi yang berada didepan Graha Mattel tersebut apakah masih beroperasi seperti biasanya.

Menurut penuturan Arif soal pasar pagi tersebut,”Sepertinya sudah ada himbauan kepada pedagang di pasar pagi itu, Kalau untuk lingkungan pasar itu bukan termasuk ke wilayah RW kita, tapi tadi pagi saya keluar rumah sepertinya terlihat sudah mulai menghilang beberapa pedangang kemungkinan karena sudah adanya himbauan,”ucapnya. *(Red).

You may also like