Antara HUT RI Ke-75 Dan Kemerdekaan Kali Di Bekasi, PAC XTC Cikarang Barat: Seluruh Anggota Kami Ikut Sertakan!

By
Share this...

bekasisociety.com – HUT kemerdekaan RI ke-75 ini seribu relawan menyerbu Kali Cikarang dari 90 komunitas yang masih peduli dengan lingkungan, acara ini dihadiri langsung Bupati Bekasi H. Eka Supria Atmaja, SH dan jajaran pejabat Pemkab Kabupaten Bekasi serta Anggota DPR RI Obon Tabroni, di Hutan Bambu Warung Bongkok Desa Sukadanau Cikarang Barat Kabupaten Bekasi, Senin (17/08/2020).

Aksi yang diberi nama Gerakan 1000 Relawan Memerdekakan Kali Cikarang tersebut, dimulai dengan upacara memperingati HUT RI ke 75 di lingkungan hutan bambu, kemudian dilanjutkan melaksanakan kegiatan menyusuri kali Cikarang sepanjang 2,5 km dan darat 500 meter, untuk membersihkan sampah plastik yang ada.

Menurut Yudi Hermawan salah satu perwakilan relawan yang berasal dari Organisasi PAC XTC Cikarang barat kabupaten Bekasi mengatakan, kegiatan aksi ini digagas oleh Save Kali Cikarang bertujuan memperkenalkan kepada masyarakat dan kawula muda tentang kepedulian serta turut andil menjaga kebersihan air sungai yang ada di wilayah kabupaten Bekasi.

“Dalam kegiatan aksi ini semua Anggota PAC XTC Cikarang barat, Kami ikut sertakan agar kami bisa memberikan kontribusi kepada lingkungan,”ucap batet sapaan akrabnya.

“kami sangat senang bisa diikut sertakan dalam acara bersih-bersih kali Cikarang yang di selenggarakan Komunitas Save Kali Cikarang. Semoga kegiatan ini menjadi contoh dan bisa memotivasi masyarakat khususnya pemuda di wilayah Kecamatan Cikarang barat Kabupaten Bekasi,”tambahnya.

Acara tersebut juga dihadiri langsung oleh Peno Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, dalam kesempatan tersebut pihaknya mendukung aksi yang digagas para relawan pecinta lingkungan hidup. Kedepannya komunitas – komunitas tersebut akan didata dan dikukuhkan agar bisa bersinergi dengan pemerintah dalam menciptakan bantaran kali yang bersih.

“Langkah kedepannya kami akan mendata serta akan kita kukuhkan agar mereka semangat, apa saja keperluan mereka akan kita data yang penting kali ini bisa bersih kembali”ujar Peno.

Bupati Bekasi H. Eka Supria Atjama, SH Saat Menghadiri Acara Tersebut (Foto: Bori/bekasisociety.com)

Para peserta aksi sempat dikejutkan dengan kehadiran Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja yang tidak direncanakan kunjungan tersebut sebelumnya. Disela – sela kunjungannya Bupati mengatakan, Pemkab Bekasi akan selalu mendukung aksi Save Kali Cikarang yang mengusung tema 1000 Relawan Memerdekakan Kali Cikarang.

“Langkah kongkrit dari kami pemerintah kabupaten Bekasi akan membeli peralatan pengeruk sampah guna memudahkan pemantauan volume sampah khususnya yang ada dikali Cikarang”ungkap Eka.

Ia juga menambahkan, diharapkan dengan adanya aksi yang digagas oleh komunitas Save Kali Cikarang, bisa menjadi motivasi dalam menumbuhkan serta meningkatkan kesadaran masyarakat dalam ikut berpartisipasi menjaga kebersihan lingkungan wilayah kabupaten Bekasi. (BR)

You may also like